Catat Waktunya nya! Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia 30 November 2020




Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa pada senin 30 November 2020 Gerhana Bulan penumbra akan menyambung seluruh wilayah  Indonesia dan beberapa negara lain. 

Seluruh proses Gerhana Bulan kali ini dapat diamati di sebagian besar Amerika Utara dan Samudra Pasifik. Proses gerhana saat bulan terbit dapat dilihat di Australia, sebagian besar Asia bagian Timur, dan sebagian kecil di Samudra Hindia.

Proses gerhana pada bulan terbenam dapat diamati di sebagian besar di Amerika bagian, Eropa. Untuk wilayah Indonesia bagian Barat, masyarakat tidak dapat menyaksikan awal dan puncak gerhana, karena gerhana terjadi ketika bulan belum terbit atau masih di bawah horison. Masyarakat Indonesia hanya bisa mengamati sebagian proses dia akhir gerhana sekitar pukul 18.00 - 18.53 WIB. Adapun waktu lengkapnya sebagai berikut.

Awal Gerhana: 

▪ 07.32.21 UT
▪ 14.32.21 WIB
▪ 15.32.21 WIT
▪ 16.32.21 WITA

Puncak Gerhana 
▪ 09.42.48 UT 
▪  18.53.20 WIB
▪ 19.53.20 WITA
▪ 20.53.20 WIT

Khusus untuk wilayah yang masuk dalam Waktu Indonesia BagianTimur (WIT), seperti Kepulauan Maluku dan Papua akan dapat mengamati proses Gerhana Bulan dari sejak Bulan terbit, puncak, hingga gerhana berakhir.

Gerhana Bulan sendiri adalah peristiwa terhalangnya  cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinasmisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat saat fase purnama dan di prediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi Bulan - Matahari - Bulan tidak persis sejajar. Hal ini membuat Bulan hanya masuk ke bayangan Panumbra Bumi. Akibatnya, saat gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari purnama.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Thomas Djamaludin mengatakan Gerhana Bulan Penumbra hanya terjadi pada intensitas cahaya Bulan saja, maka pengamatan harus dibantu dengan alat pengukur cahaya.

Artinya, proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra tidak b isa dilihat dengan kasat mata karena efek yang terjadi hanya perdupan pada cahaya Bulan. Gerhana penumbra hanya bisa di saksikan mengunakan alat bantu pengukur cahaya, dima fase- Fase gerhana baru bisa dikenali.

Belum ada Komentar untuk "Catat Waktunya nya! Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia 30 November 2020"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Di Bawah ⬇

Iklan Atas Artikel

adSense

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel