Makin Cepat, Jalan TOL Tebing Tinngi - Parapat sudah capai 41%

 



Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah di menggenjot pembangunan jalan Tol Kuala tanjung - Tebing Tinggi - Parapat sepanjang 143,5 km untuk meningkatkan konenktivitas dan mempermudah akses dari Medan Ke Kawasan Strategis Pariwisata Toba, Sumatera Utara.

Berdasrkan laman bpjt.pu.go.id pembangunan jalan tol di tugaskan kepada Hutama Karya selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dua BUMN lainnya yaitu Jasa Marga dan anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, yaitu PT Waskita Toll Road (WTR), Ketiganya membentuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni Humawas yang dikhususkan untuk pembangunan jalan tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat.

Terkait pembangunan ini, Hamawas menargetkan tol akan beroperasi peroperasi secara bertahap di tahun 2020 ini dengan masa konsesi 40 Tahun. Biaya investasi yang di butuhkan utuk pembangunan ini di butuhkan sebesar Rp 13,4 triliun, termasuk biaya kontruksi sebesar Rp 9,6 triliun.

Tol tersebut merupakan bagian dari pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Tran Sumatera (JTTS) dan Menjadi lanjutan dari Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi (MKKT) sepanjang 61,72 km.

FOLLOW IG Jiwa Siantar


Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat terdiri dari enam seksi yaitu, seksi 1 Tebing Tinggi - Indrapura - Serbelawan (30km), seksi 4 Serbelawan - Pematangsiantar (28km), Seksi 5 Pematangsiantar -Seribudolok (22,3km), dan Seksi 6 Seribudolok - Parapat (16,7km).

Pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat mendapatkan dukungan pembiayaan Pemerintah guna meninggkatkan tinggkat kelayakan. Dukungan tersebut berupa pembangunan sebagian sebagian Kontruksi jalan tol pada seksi 5 dan 6 (Pematangsiantar - Parapat). 

Dalam pembangunan Tol ini dilengkapi denga serat Fiber Optic sehingga ke depan akan menjadi SMART TOLLWAY yang berimplikasi pada pengembangan  SMART PLANTATION pada lokasi perkebunan sepanjang tol dan juga pengembangan SMART CITY.

Pembangunan Jalan Tol Medan menuju Danau Toba di harapkan  dapat di tempuh hanya dalam waktu sekitar 1,5 jam sehingga memperbanyak aksesbilitas ke destinasi wisata Sumatera Utara sehingga para turis lokal dan Luar negeri mempunyai banyak jalur transportasi.


Belum ada Komentar untuk "Makin Cepat, Jalan TOL Tebing Tinngi - Parapat sudah capai 41%"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Di Bawah ⬇

Iklan Atas Artikel

adSense

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel