Kabar Gembira! Google Sudah siapkan 6 fitur baru untuk Android

 


Menjelang akhir tahun 2020. Google ternyata menyiapkan sejumlah hadiah bagi pengguna platform Android. Goole mengatakan bahwa android auto untuk mobil bakaldi sebar ke lebih banyak negara.

Google turut menyiapkan fitur-fitur untuk Android di ponsel. Ada lima aplikasi yang bakal mendapatkan kemampuan baru yakni, Gboard, Google Play, Audiobooks, voice Access, Google Maps, dan Nearby Share.

Di ambil dari Blog Google ini dia 6 fitur Terbaru:

1. Tambahan emoji pada Gboard

Dengan Emoji Kitchen on Gboard, orang-orang telah mencampurkan emoji favorit mereka ke dalam stiker khusus lebih dari 3 miliar kali sejak dirilis awal tahun ini. Dengan pembaruan terbaru ini, Dapur Emoji berubah dari ratusan kombinasi desain unik menjadi lebih dari 14.000. Setiap campuran memudahkan kalian mengekspresikan diri dengan sedikit sentuhan ekstra. Sekarang kalian cukup mengetuk dua emoji untuk melihat kombinasi yang disarankan dengan cepat, atau ketuk dua kali pada satu emoji untuk mengungkapkan beberapa emosi yang lebih intens.

Sudah tersedia di Gboard beta, versi baru Emoji Kitchen akan tersedia di Android 6.0 dan lebih tinggi dalam beberapa minggu mendatang. Unduh Gboard di Google Play untuk menikmati stiker dapur emoji baru musim liburan ini. ❄️️⛄️

 2. Tool khusus pada aplikasi Google Play di Audiobooks



 Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk bersantai dan membaca beberapa buku, dan buku audio membuatnya semakin nyaman untuk membenamkan diri dalam sebuah cerita. Namun tidak semua buku, seperti yang ditulis oleh penulis indie favorit kalian, diubah menjadi buku audio. Sekarang Google Play, bekerja dengan penerbit di AS dan Inggris, akan menggunakan narator yang dibuat secara otomatis sehingga buku tanpa versi audio dapat dinarasikan — artinya kalian akan memiliki lebih banyak judul audio untuk dipilih di Play Store. 

Alat penerbit untuk membuat buku audio bernarasi otomatis saat ini dalam versi beta, tetapi akan diluncurkan ke semua penerbit pada awal 2021.

 3. Menjalankan Perintah lewat Voice Access

 


Dibuat dengan mempertimbangkan penykalianng disabilitas motorik, Voice Access memungkinkan kalian mengontrol ponsel menggunakan suara kalian. Sekarang menggunakan teknologi pembelajaran mesin, kalian dapat menambahkan label ke layar aplikasi Android kalian untuk membantu kalian bekerja di dalamnya dengan suara kalian. Misalnya, kalian dapat mengucapkan "buka Foto", "ketuk Telusuri", "ketuk Peta kalian" untuk melihat peta semua foto kalian. Ini membuat navigasi menjadi nyaman dan bebas genggam, hanya dengan menggunakan suara kalian. 

Sebelumnya diluncurkan di Android 11, versi baru Voice Access ini sekarang tersedia secara global di semua perangkat yang menjalankan Android 6.0 dan yang lebih baru.

Kalian dapat mengunduh Voice Access di Google Play dan mencoba versi baru dengan bergabung dengan Beta hari ini.

 4. Riwayat lokasi tersimpan di Go Tab


 Dengan Tab Buka baru di Google Maps, kalian dapat lebih mudah menavigasi ke tempat-tempat yang sering dikunjungi hanya dengan satu ketukan. Sematkan tujuan mengemudi favorit kalian seperti sekolah atau toko bahan makanan untuk melihat petunjuk arah dengan cepat, langsung tren lalu lintas, gangguan pada rute kalian, dan ETA yang akurat — semuanya tanpa mengetik alamat tempat. Jika kalian menggunakan angkutan umum, kalian dapat memasang pin pada rute tertentu, yang akan memungkinkan kalian melihat waktu keberangkatan dan kedatangan yang akurat, peringatan dari agen transportasi lokal kalian, dan ETA terbaru langsung dari Tab Buka. kalian bahkan dapat menyematkan beberapa rute (termasuk rute mengemudi dan rute transit) ke tujuan yang sama untuk melihat rute mana yang paling efisien untuk membawa kalian ke sana.

 Go Tab mulai diluncurkan di Android dan iOS dalam beberapa minggu mendatang.

 Pastikan untuk memeriksa fitur Google Maps bermanfaat lainnya di Android, seperti kepadatan transit langsung dan mode mengemudi Asisten untuk membantu kalian menavigasi dan menyelesaikan berbagai hal di musim liburan ini.

 5. Android Auto berkembang ke lebih banyak Negara



 Selama beberapa bulan ke depan, Android Auto akan berkembang ke negara-negara baru, menghadirkan aplikasi dan layanan favorit kalian dari ponsel ke layar mobil kalian. Dengan Android Auto, kalian dapat berbicara dengan Google untuk memutar musik, mengirim pesan, mendapatkan petunjuk arah, dan banyak lagi, sehingga kalian dapat tetap memperhatikan jalan dan tangan kalian di kemudi. Dengan ponsel yang menjalankan Android 10 dan yang lebih baru, yang perlu 

 kalian lakukan untuk memulai adalah menghubungkan ponsel Android kalian ke mobil yang kompatibel. Untuk ponsel Android 9 dan versi lebih lama, kalian dapat mengunduh aplikasi.

 6. Berbagi Aplikasi lewat Nearby Share



 Pembaruan mendatang untuk Berbagi Di Sekitar akan memungkinkan kalian berbagi aplikasi dari Google Play dengan orang-orang di sekitar kalian dengan ponsel Android, meskipun kalian tidak memiliki koneksi seluler atau Wi-Fi. Cukup buka Google Play, buka menu "Bagikan Aplikasi" di "Aplikasi & Game Saya", pilih aplikasi yang ingin kalian bagikan, dan biarkan teman kalian menerima aplikasi yang masuk. Pembaruan ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

 


Belum ada Komentar untuk "Kabar Gembira! Google Sudah siapkan 6 fitur baru untuk Android"

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Di Bawah ⬇

Iklan Atas Artikel

adSense

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel